Grounding System Untuk WiFi


Artikel ini saya ambil dari Speedy Wiki.

Pada dasarnya ada tiga (3) jenis grounding system, yaitu:

Safety ground, ini untuk daya listrik berteganggan tinggi (PLN)
Lightning ground, ini untuk menyalurkan petir ke tanah.
RF ground, ini untuk grounding sinyal RF (radio).

Yang kita perlukan dalam operasional WLAN adalah Lightning Ground dan RF Ground, kedua-nya harus diletakan pada tempat yang terpisah, jangan di jadikan satu.

RF Grounding system terutama dibutuhkan untuk antenna omnidirectional atau [antena sectoral]]. Untuk antenna directional biasanya tidak dibutuhkan, karena salah satu bagian dari antenna directional telah menjadi RF ground itu sendiri. RF ground dapat dibuat dari beberapa kabel radial di tanah yang di sambungkan ke ground coax.

Lightning Ground secara detail dapat dilihat di http://www.arrl.org/tis/info/lightning.html. Beberapa rekan biasanya menggunakan air di sumur bor sebagai ground yang baik. Intinya, kita harus menyediakan tempat dengan resistansi yang paling rendah bagi petir agar masuk ke jalur yang kita sediakan. Tentunya dengan adanya lightning ground ini maka diperlukan peralatan anti-petir di hubungkan ke kabel coax yang kita gunakan agar bisa menyalurkan petir ke lightning ground.

Tampak pada gambar adalah sistem grounding yang biasa digunakan. Sebuah pipa 2.5 meter yang dimasukan ke tanah dapat menjadi ground. Berbagai detail asesori grounding & instalasi di perlihatkan pada gambar dari http://www.glenmartin.com/catalog/lighting.htm.

Rute kabel ground yang terbaik adalah sependek mungkin dengan kabel selebar mungkin dari antenna ke pipa ground. Peralatan proteksi petir yang ada juga perlu di ground.

Sebuah pipa 2.5-meter biasanya digunakan sebagai ground. Beberapa teman biasanya membor sampai mencapai air tanah, dan memasukan kabel dan pipa sampai menyentuh air tanah tersebut.

Salah satu masalah utama dari sistem grounding adalah resistansi akan naik bersama waktu. Beberapa teman biasanya meletakan pupuk urea untuk menurunkan resistansi tanah. Kalau yang cukup tega, kadangkala teknik primitif yang bisa dilakukan adalah “mengencingi” (maaf) wilayah tempat ground tersebut!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s